SEMARAK GEBYAR MUHARRAM SDIT AL-HUSNA CICURUG TAHUN 1440 HIJRIYYAH





Tahun baru Hijriyyah merupakan momen terpenting bagi umat Islam dan merupakan hari yang bersejarah dalam islam yaitu untuk memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke Madinah yang bertepatan pada tahun 622 Masehi. Peristiwa ini terjadi pada 1 Muharram. Pada hakikatnya memperingati tahun baru Islam 1 Muharram adalah mengenang kembali peristiwa hijrah sekaligus mendalami makna hijrah dan pengamalannya di zaman kontemporer ini.
Dalam rangka memperingati tahun baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriyyah yang jatuh pada tanggal 11 September tahun 2018, SDIT Al-Husna Cicurug menyelenggarakan acara “Gebyar Muharram 1440 Hijriyyah”. Acara ini diisi dengan berbagai macam perlombaan anak-anak seperti lomba Shalat maghrib berjama’ah, pildacil, Musabaqah Tilawah Al-Qur’an, Musabaqah Hifdzil Qur’an, lomba adzan, lomba kreasi kaligrafi, lomba menulis kaligrafi, dan lomba cerdas cermat.
Kegiatan ini diawali dengan apel pagi yang diikuti oleh dewan guru dan seluruh siswa-siwi SDIT Al-Husna Cicurug. Seluruh siswa-siswi berkumpul di lapangan sekolah dan sebelum apel dimulai seluruh siswa-siswi barisannya disiapkan terlebih dahulu. Setelah selesai apel pagi, dilanjutkan dengan shalat Dhuha bersama di Masjid. Kemudian setelah shalat dhuha dilanjutkan lagi dengan pembukaan acara Gebyar Muharram 1440 Hijriyyah yang dilaksanakan di aula sekolah.  

Ketika perlombaan berlangsung anak-anak terlihat begitu semangat dan antusiasmenya sangat tinggi. Hal ini terlihat ketika mereka sedang mengikuti acara pembukaan perlombaan di aula sekolah. Kegiatan pertama diawali dengan perlombaan pildacil yang diselenggarakan di aula sekolah. Perlombaan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas atas yaitu dari kelas empat sampai kelas enam. Perlombaan selanjutnya dilaksanakan secara serentak di kelas masing-masing yang sudah disediakan oleh panitia.   


Fajer Ibrahim merupakan siswa dari kelas IV yang diusung oleh walikelas IV (empat) untuk mewakili perlombaan pildacil dari kelas IV (empat). Anada membawakan tema yang berjudul tentang “anak sholeh”. Dalam pidatonya ananda berpesan bahwa kita harus berbakti kepada kedua orangtua dan harus menjadi anak yang shaleh dan shalehah agar menjadi dambaan orangtua. Perlombaan ini bertujuan untuk melatih siswa agar menjadi seorang mubaligh kelak ketika sudah dewasa nanti.  
    Perlombaan shalat berjama’ah maghrib dilaksanakan di kelas, yang diikuti oleh kelas 1 (satu) sampai kelas 6 (enam) dengan kategori kelompok. Perlombaan shalat berjama’ah maghrib ini terdiri dari 12 kelompok, dalam satu kelompok terdiri dari 2 ikhwan dan 1 akhwat kelompok. Surah yang dipakai untuk perlombaan shalat berjama’ah maghrib ini yaitu al-kaafirun dan al-lahab untuk kelas bawah, kemudian untuk kelas 4-6 Surah Al-ghasiyah dan As-Syams. Perlombaan ini bertujuan untuk melatih siswa agar terbiasa dalam melaksanakan shalat dan hafal akan bacaan shalat.

Perlombaan menulis kaligrafi ini dilaksanakan di aula sekolah. Yang diikuti oleh siwa dan siwi dari kelas 4 (empat) sampai dengan kelas 6 (enam) dengan kategori individu. Perlombaan ini bertujuan untuk melatih siswa agar dapat merasakan kenikmatan saat memandang dan menelaahnya karena adanya unsur-unsur estetis pada huruf-huruf dan harakat pada tulisannya. 

Musabaqah tilawah al-Qur’an dilaksanakan di meeting room yang diikuti oleh kelas atas dari kelas 4 (empat) sampai dengan kelas 6 (enam) kategori individu. Perlombaan ini bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya Qur’ani yang sudah menjadi tradisi di Indonesia.    
Perlombaan Musabaqah Hifdzil Qur’an dilaksanakan secara bersamaan dengan perlombaan MTQ di meeting room. Perlombaan diikuti oleh siswa siswi kelas 1 (satu) sampai dengan kelas 3 (tiga). Dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengaplikasian kandungan Al-Qur’an.


Perlombaan Adzan dilaksanakan di kelas 1 A yang diikuti oleh kelas 1 (satu) sampai dengan kelas 6 (enam). Perlombaan adzan ini bertujuan untuk melatih siswa agar berani tampil di depan umum dan  mampu mengumandangkan adzan.

Perlombaan cerdas cermat dilaksanakan di Aula Sekolah yang diikuti oleh kelas 4 (empat) sampai dengan kelas 6 (enam) dengan kategori kelompok. Perlombaan ini terdiri dari tiga kelompok dan masing-masing kelompok terdiri  dari tiga orang. Dengan bertujuan untuk melatih siswa agar wawasan keilmuannya luas.

Dari kegiatan gebyar muharram ini diharapkan agar siswa-siswi mampu mengingat tahun baru islam dan juga mengingatkan kepada mereka tentang perjuangan Nabi Muhammad SAW yang pada waktu itu hijrah dari kota Makkah menuju Madinah. Di samping itu juga agar siswa-siswi mampu menjadi insan yang lebih baik dan berakhlak karimah seperti perangainya baginda Nabi Muhammad SAW.







Pembagian Hadiah









Penulis: Nia Yuniarti, S.Ag.

0 Comments

Posting Komentar

facebook